newlgan4f.gif (7500 bytes)mapgis3.gif (23468 bytes)

company.gif (1339 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
clients.gif (796 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
products.gif (1362 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
services.gif (1323 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
...Divisi Pendukung
....Teknologi dan
....Rekayasa


...Penataan Sistem Kabel & Kelistrikan

...Divisi Pengembangan
.... Perangkat Lunak
.... dan Aplikasi
.... Komputerisasi


...Divisi Pendidikan dan Pelatihan

...Jasa-jasa Lainnya

solution.gif (619 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
...
Solusi bidang Komunikasi
....& Internet

...Solusi Sistem Jaringan

...
Solusi Sistem Informasi
... berbasis
... Pemetaan Geografi


...Quorion

...Alcatel


gisban2.jpg (3612 bytes)

Geographic information system (GIS) atau Sistem Informasi Berbasis Pemetaan dan Geografi adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan komputer yang berkait erat dengan sistem pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi.
Teknologi GIS mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini, seperti pengambilan data berdasarkan kebutuhan, serta analisis statistik dengan menggunakan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu ditawarkan melalui analisis geografis melalui gambar-gambar petanya.
Kemampuan tersebut membuat sistem informasi GIS berbeda dengan sistem informasi pada umumnya dan membuatnya berharga bagi perusahaan milik masyarakat atau perseorangan untuk memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa, membuat peramalan kejadian, dan perencanaan strategis lainnya.

GIS adalah sebuah teknologi yang mampu merubah besar-besaran tentang bagaimana sebuah aktivitas bisnis diselenggarakan. Teknologi GIS memungkinkan Anda untuk melihat informasi bisnis Anda secara keseluruhan dengan cara pandang baru, melalui basis pemetaan, dan menemukan hubungan yang selama ini sama sekali tidak terungkap.

GIS menempatkan itu semua bersama-sama

Dengan GIS Anda mampu melakukan lebih banyak dibanding hanya dengan menampilkan data semata-mata. GIS menggabungkan semua kemampuan, baik yang hanya berupa sekedar tampil saja, sistem informasi yang tersaji secara thematis, dan sistem pemetaan yang berdasarkan susunan dan jaringan lalu-lintas jalan, bersamaan dengan kemampuan untuk menganalisa lokasi geografis dan informasi-informasi tertentu yang terkait terhadap lokasi yang bersangkutan.

Pada aplikasi penanganan kesehatan, misalnya, bisa digunakan untuk memutuskan, di kawasan mana lagikah pusat layanan kesehatan baru akan didirikan berdasarkan atas data-data kependudukan. Selanjutnya, berdasarkan sistem informasi tersebut kita dapat menarik informasi dari peta yang tersedia dalam aplikasi GIS tersebut, atau sebaliknya, memperoleh informasi mengenai peta kawasan tertentu manakah yang akan muncul, jika kita menggunakan informasi tertentu sebagai kriteria pencariannya.

Dan jangan lupa, GIS adalah sebuah aplikasi dinamis, dan akan terus berkembang. Peta yang dibuat pada aplikasi ini tidak hanya akan berhenti dan terbatas untuk keperluan saat dibuatnya saja. Dengan mudahnya kita bisa melakukan peremajaan terhadap informasi yang terkait pada peta tersebut, dan secara otomatis peta tersebut akan segera menunjukkan akan adanya perubahan informasi tadi. Semuanya itu dapat Anda kerjakan dalam waktu singkat, tanpa perlu belajar secara khusus.

GIS memungkinkan Anda untuk membuat tampilan peta serta menggunakannya untuk keperluan presentasi dengan menunjuk dan meng-klik-nya. GIS memungkinkan Anda untuk menggambarkan dan menganalisa informasi dengan cara pandang baru, mengungkap semua keterkaitan yang selama ini tersembunyi, pola, dan kecenderungannya.

Para pelaku bisnis yang bergerak di bidang pemasaran, periklanan, real estate, dan ritel saat ini sudah menggunakan GIS untuk melakukan analisa pasar, mengoptimalkan kampanye periklanan melalui media masa, analisis terhadap bidang-bidang tanah, dan membuat model atas pola pengeluaran. GIS akan merubah banyak hal yang berkait erat dengan pekerjaan Anda, apa pun bisnis Anda tersebut.

Apa saja yang bisa Anda kerjakan dengan GIS
Anda tak perlu jadi seorang manajer penjualan, atau perencana rute perjalanan. Jika pekerjaan Anda melibatkan diri Anda pada pengelolaan informasi, dan informasi tersebut dapat diasosiasikan pada sebuah struktur informasi yang berbasis pemetaan secara geografis, maka pada saat itulah GIS akan memberikan peran yang besar, dan akan membantu mengorganisasikan informasi-informasi yang Anda inginkan tersebut dalam format baru, yang memungkinkan Anda memperoleh hal-hal baru yang selama ini tak pernah terbayangkan, dan akan diperoleh lebih banyak lagi informasi dibanding yang selama ini Anda dapatkan. Rasanya, kemungkinan-kemungkinan ke arah itu bisa disebut sebagai tanpa batas.


Divisi GIS/Pemetaan SCOMPTEC akan membantu Anda, dalam hal:

Meningkatkan pengintegrasian organisasi
Banyak organisasi yang sudah mengimplementasi GIS menemukan kenyataan, bahwa keuntungan utama yang mereka dapatkan adalah peningkatan kinerja manajemen terhadap organisasi maupun pengelolaan sumberdayanya.
hal itu terjadi karena GIS memiliki kemampuan untuk menghubungkan berbagai perangkat data secara bersamaan berdasarkan geografis, memfasilitasi informasi-informasi yang terjadi antar bagian, untuk saling termanfaatkan dan dikomunikasikan.
Dengan membuat sebuah database yang bisa dimanfaatkan bersama, maka sebuah bagian akan memperoleh keuntungan dari hasil kerja dari bagian lain, di mana akan berlaku ketentuan, bahwa data cukup sekali dikoleksi, tetapi bisa dimanfaatkan berkali-kali.


Membuat keputusan-keputusan lebih sempurna
GIS bukan sebuah sistem yang mampu membuat keputusan secara otomatis. GIS hanya sebuah sarana untuk pengambilan data, menganalisanya, dari kumpulan data berbasis pemetaan untuk mendukung proses pengambilan keputusan.
Teknologi GIS banyak digunakan untuk membantu berbagai kegiatan pekerjaan seperti penyajian informasi pada saat pembuatan perencanaan, membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan kekacauan teritorial.

GIS juga bisa digunakan untuk membantu meraih keputusan mengenai lokasi perumahan baru yang memiliki sesedikit mungkin pengaruh lingkungan, berada di lokasi yang memiliki resiko paling sedikit, dan berada dekat dengan pusat kegiatan kependudukan.
Informasi bisa disajikan secara ringkas dan jelas berupa gambar peta, yang dilampiri dengan laporan, memungkinkan para pemgambil keputusan untuk memusatkan perhatiannya pada masalah-masalah nyata dibanding dengan upaya memahami data. Karena produk GIS bisa dibuat secepatnya, dengan berbagai skenario, untuk kemudian dievaluasi secara efektif dan efisien.


Membantu membuat peta.
Peta merupakan kunci pada GIS. Proses untuk membuat (menggambar) peta dengan GIS jauh lebih fleksibel, bahkan dibanding dengan menggambar peta secara manual, atau dengan pendekatan kartografi yang serba otomatis.
Dimulai dengan membuat database. gambar peta yang sudah ada bisa digambar dengan digitizer, dan informasi tertentu kemudian bisa diterjemahkan ke dalam GIS. Database kartografi berbasis GIS dapat bersambungan dan bebas skala.
Peta-peta kemudian bisa diciptakan terpusat di berbagai lokasi, dengan sembarang skala, dan menunjukkan informasi terpilih, yang mencerminkan secara efektif untuk menjelaskan suatu karakteristik khusus.

Sifat-sifat sebuah atlas dan serangkaian peta dapat direkam pada program komputer, dan dibandingkan terhadap database pada akhir proses produksi. Produk digital digunakan untuk GIS yang lain bisa dilakukan dengan sederhana, hanya dengan membuat salinan data dari database. Pada organisasi yang besar, database topografi bisa dimanfaatkan untuk kerangka referensi oleh bagian yang lain.


 

Mengapa harus GIS? Anda memerlukan GIS, jika Anda terlibat dalam jenis-jenis pekerjaan sebagai berikut:

  • Di manakah sebenarnya pasar kita berada?
  • Adakah persaingan mulai muncul?
  • Di bagian manakah yang penjualannya di bawah target?
  • Di manakah harus mengalokasikan biaya periklanan?
  • Di lokasi manakah sebaiknya pengembangan bisnis dilakukan?
  • Bagaimana bisa memberikan pelayanan bagi pelanggan?

Kenapa Scomptec? Solusi GIS dan pemetaan Scomptec telah digunakan oleh begitu banyak perusahaan dengan berbagai ragam bisnisnya, untuk membantu mereka memahami dinamika lingkungannya dan mampu mengambil keputusan secara benar. Perusahaan, seperti Sampoerna, Jasa Marga, dan sejenis lainnya, telah memanfaatkan aplikasi GIS/Mapping yang dikembangkan dengan bantuan Scomptec guna mencapai hasil berupa aktivitas operasional yang sempurna, serta menguntungkan.
Solusi yang ditawarkan oleh Scomptec dapat disesuaikan dengan kebutuhan khas dari masing-masing pengguna, sesuai dengan yang biasa diselenggarakan oleh perusahaan kecil, hingga perusahaan multi-nasional sekalipun.


Sejumlah terapan GIS untuk aktivitas bisnis ;
pemasaran, pemilihan lokasi, pengelolaan aset, analisis resiko, pengaturan hantaran, pelayanan pelanggan, serta analisa demografi serta pemetaan.

Scomptec Mapping/GIS akan membantu Anda untuk mengatur terapan GIS untuk berbagai jenis aktivitas bisnis dan industri, termasuk:


  • Bank dan Finansial
  • Produk Konsumsi
  • Direct Marketing
  • Kesehatan
  • Asuransi
  • Real Estate/Facility Acquisition/Map
  • Restoran/Cepat Saji
  • Bisnis Eceran

  • Otomotif
  • Asosiasi Bisnis
  • Pusat Layanan Bisnis
  • Layanan Basis Data
  • Makanan dan Minuman
  • Industri Manufaktur
  • Bisnis Kecil
  • Biro Perjalanan/Wisata

Dan solusi GIS bagi industri tertentu :

  • Minyak/Gas dan Listrik/Air
    Contoh aplikasi-aplikasi GIS untuk perusahaan minyak, gas dan distribusinya
    • Minyak dan Gas
      • Automated basemapping
        Eksplorasi
        Manajemen Persewaan
        Pengeboran
        Produksi
        Manajemen Penyimpanan
        Manajemen Kilang
        Distribusi Produk
        Manajemen Kapal Tanker
    • Pipa
      • Perencanaan dan Pemilihan Rute
        Regulatory reporting
        Construction
        Emergency response
        maps
        Pipeline alignment sheet generation
        Location maps
        Risk assessment
        Corrosion analysis
        Asset profitability analysis
        Supply and market analysis
        Berintegrasi dengan
        - CAD
        - SCADA
        - Document management
        - Work order management


  • Telekomunikasi
    Solusi GIS bagi perusahaan telekomunikasi, yang meliputi
    • Fasilitas dan pemetaan kawasan
    • Rute penempatan kabel
    • Pengembangan 'halaman kuning' secara elektronis
    • Aplikasi penanganan pelanggan
    • Pengembangan penyimpanan data
    • Pemilihan penempatan fasilitas
    • Sistem penanganan kegagalan sambungan

  • Transportasi
    • Manajemen Prasarana Transportasi
      GIS digunakan untuk mengelola dan menganalisa berbagai informasi dengan geografi sebagai komponen utamanya. lebih dari 80 persen dari informasi digunakan untuk mengelola jalan, jalur kereta api, fasilitas pelabuhan, sebagai komponen utamanya.
      GIS bisa dimanfaatkan untuk menentukan lokasi dari suatu peristiwa atau aset dan keterkaitannya atau kedekatannya antara satu dengan lainnya terhadap peristiwa atau aset yang lainnya, di mana hal tersebut merupakan faktor-faktor kritis yang harus diperhatikan untuk memutuskan suatu desain, pembangunan, atau pemeliharaan.

    • Manajemen logistik dan kendaraan
      Sebuah kegiatan operasi yang efisien membutuhkan sebuah keputusan yang akurat dan tepat waktu. Misalnya mengetahui sedang berada di manakah kendaraan, pikup, atau aktivitas penghantaran pada saat itu, memungkinkan untuk pendayagunaan aset secara optimal dan penghematan. Kepuasan pelanggan, posisi yang bersaing, respons yang sigap, pendayagunaan yang efektif, serta kemungkinan untuk menghasilkan keuntungan di berbagai kemungkinan yang bisa diraih.
    • Manajemen Transit.
      Perencanaan rute, pengiriman teknisi, analisa pelayanan, penanganan pemasaran dan hubungan komunitas, dan pola transit akan diperoleh keuntungan dengan cara melakukan pemahaman sebaik-baiknya terhadap kendaraan transit, rute perjalanan, dan fasilitas lokasi.
      Rute perjalanan dapat dikelola secara langsung melalui database jaringan jalan dan dikaitkan terhadap pusat kependudukan dan karyawan, seperti pada sistem database dari sebuah skedul.


  • Lingkungan dan Geologi
    • Untuk membantu melakukan perlindungan terhadap lingkungan. Sebagai seorang profesional di bidang lingkungan, maka Anda dapat menafaatkan GIS untuk membuat peta, catatan populasi spesies, mengukur pengaruh lingkungan, serta menelusuri peristiwa keracunan dan polusi. Aplikasi GIS berkenaan dengan lingkungan, rasanya, hampir tanpa batas jumlahnya.

  • Pertanian, Kehutanan
    • Mengelola Produksi Tanaman
      GIS dapat digunakan untuk membantu mengelola sumberdaya pertanian dan perkebunan seperti luas kawasan untuk tanaman, pepohonan, atau saluran air. Anda dapat menggunakan GIS untuk menetapkan masa panen, mengembangkan sistem rotasi tanam, dan melakukan perhitungan secara tahunan terhadap kerusakan tanah yang terjadi karena perbedaan pembibitan, penanaman, atau teknik yang digunakan dalam masa panen.
    • Mengelola Sistem Irigasi
      Anda dapat menggunakan GIS untuk membantu memantau dan mengendalikan irigasi dari tanah-tanah pertanian. GIS dapat membantu memantau kapasitas sistem, katup-katup, efisiensi, serta distribusi menyeluruh dari air di dalam sistem.
    • Perencanaan dan riwayat sumberdaya kehutanan
      Perencanaan dan riwayat manajemen pertanahan
      Integrasinya dengan sistem hukum
      Integrasinya dengan manajemen basis data relasional
      Sistem-sistem


  • Pemerintahan
    Berikut ini adalah berbagai contoh dari berbagai macam rancangan GIS dan layanan pengembangannya;
    • Catatan Pertanahan
      - Pemetaan kavling
      - Taksiran properti
      - Integrasi multimedia
      - Pusat Layanan umum
    • Manajemen Properti dan Fasilitas
      - Pembebasan Tanah dan Peruntukannya
      - Pembangunan dan Persediaan Perumahan
    • - Perencanaan Tataguna Tanah dan Pengaturannya
      - Pemetaaan Rencana Umum dan Analisanya
      - Pemetaan Kawasan dan Penjejakan Masalah
      - Analisis Demografi dan Pemetaan
      - Pembangunan Ekonomi
      - Keterkaitannya dengan Sistem Perijinan
    • (
    • Rekayasa
      - Pemetaan Pematusan dan Analisanya
      - Pengkajian Subdivisi/Pemetaan Bagian-bagian
      - Penataan rute jalan, sanitasi, pepohonan
      trimming
    • Keselamatan Masyarakat
      - Perencanaan persiapan keadaan darurat
      - Respon dan Penanggulangan Keadaan Darurat
      - Analisa Kriminal
      - Perencanaan Patroli
      - Pengaturan rute respon keadaan darurat
      - Analisis penempatan fasilitas

Layanan yang bisa dilakukan oleh tim Scomptec meliputi

  • Perancangan strategi implementasi
  • Pengembangan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Pelatihan dan Dokumentasi
  • Pengaturan Konfigurasi Sistem/Jaringan dan Integrasinya
  • Evaluasi basis data, perancangan, dan pembuatannya
  • Staf Pembuat gambar dan Pemrograman



Organisasi | Pelanggan dan Pengguna Jasa | Aneka Produk | Divisi Pendukung Teknis & Rekayasa
Penataan Sistem Kabel & Kelistrikan | Perangkat Lunak & dan Pengembangan Aplikasi
Pendidikan & Pelatihan | Jasa-jasa Lainnya | Komunikasi & Internet
Solusi Jaringan Komputer | Sistem Informasi Geografi | Quorion | Alcatel
Halaman Berbahasa Inggris
Hubungi Scomptec Mapping/GIS Division

2005 Scomptec, Inc.