comlgo3.jpg (21121 bytes)

company.gif (1339 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
clients.gif (796 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
products.gif (1362 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
services.gif (1323 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
...Divisi Pendukung
....Teknologi dan
....Rekayasa


...Penataan Sistem Kabel & Kelistrikan


...Divisi Pengembangan
.... Perangkat Lunak
.... dan Aplikasi
.... Komputerisasi


...Divisi Pendidikan dan Pelatihan

...Jasa-jasa Lainnya


solution.gif (619 bytes)
garispt.gif (865 bytes)
....Solusi bidang Komunikasi
....& Internet

...Solusi Sistem Jaringan

...
Solusi Sistem Informasi
... berbasis
... Pemetaan Geografi


...Quorion

...Alcatel

...ISP
......
Indo.net

 

  


comban3.gif (14710 bytes)

Di dunia yang tak pernah berhenti dari denyut perubahan, maka tak ada alasan bagi kegiatan bisnis untuk tidak melakukan pengelolaan data sebaik dan sekompetitif mungkin. Kawasan edar aktivitas bisnis pun tak hanya dalam lingkup kota atau negara, tetapi sudah mengglobal. Hanya ada satu cara yang harus mendapatkan perhatian yang besar, yaitu bagaimana menjalankan bisnis yang sangat bersaing dewasa ini dengan memanfaatkan sepenuhnya perkembangan teknologi bidang komunikasi & Internet.

Solusi Komunikasi dari Scomptec menyediakan berbagai bentuk layanan bidang komunikasi, meliputi Dial Up, T1, Fractional T1, ISDN, X.25, Leased line, frame relay dan koneksi komunikasi nirkabel. Kami bekerjasama dengan sejumlah mitra operator-operator telekomunikasi lokal & dan nasional.

Solusi Internet yang disediakan Scomptec
dilaksanakan dengan membentuk sebuah aliansi dengan sebuah penyedia layanan Internet (ISP : Internet Service Provider) sebagai sebuah sub-ISP yang memiliki keanggotaan dan lingkup terbesar di kawasan Timur Indonesia yang dapat digunakan untuk menghubungkan serta pembangunan prasarana jaringan Internet bagi perusahaan Anda.

commban.gif (5391 bytes)

 

but3.gif (165 bytes) Memiliki hubungan kerja dan koordinasi dengan mitra-mitra operator komunikasi lokal dan nasional, termasuk perangkat-perangkat keras yang direkomendasinya.

Koneksi WAN (wide area network) dengan cara 'dial'up'

Merupakan sebuah bentuk koneksi jaringan berskala luas, WAN, yang paling murah dan sederhana, menggunakan modem secara dial-up yang memanfaatkan hubungan saluran telepon konvensional dikenal dengan sebutan POTS (Plain Old Telephone Service). Pemilihan bentuk koneksi ini menggunakan modem-modem pada umumnya di masing-masing stasiun hubung dan dihubungkan pada jaringan di masing-masing ujungnya melalui fasilitas penyambung yang disebut bridge atau dengan menggunakan sebuah half router.

Sebuah modem (MOdulator/DE-Modulator)
digunakan untuk menterjemahkan sinyal digital dari jaringan untuk diubah menjadi sinyal analog, sinyal yang biasa diterapkan pasa sambungan telepon biasa.
Dengan teknologi modem masa kini, kecepatan lalulintas hubungan berlangsung pada kecepatan yang terbatas sebesar 33.6KB (56KB?) untuk pengiriman data, meski hal itu boleh dibilang sebagai kecepatan yang dimiliki oleh sambungan telepon yang berkualitas baik. Koneksi secara 'dial-up', meski memiliki keterbatasan bandwidth (lebar saluran yang dilalui transmisi data), namun dipandang masih cukup memadai, karena murahnya, dan masih sesuai untuk menunjang kebutuhan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu tinggi persyaratan kecepatannya, serta untuk keperluan e-mail saja.

ISDN WAN Connections

ISDN (integrated services digital network) adalah sebuah istilah untuk saluran telepon digital, yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan data berformat digital, pada umunya adalah data-data komputer, dalam jumlah besar.
Saluran ISDN sebenarnya terdiri dari dua buah kanal (channel), yang masing-masing memiliki kapasitas sebesar 64 Kb. Sambungan-sambungan tersebut dapat dihubungkan satu dengan yang lain, atau merupakan sekumpulan besar yang diagregasikan, yang lazim dikenal dengan sebutan 'MLP bonding', yang mampu membawa data hingga sebesar 128 Kb.
Layanan ISDN tersedia dalam dua bentuk, yaitu BRI dan PRI, yang memiliki keunggulan dalam hal kemampuan untuk diperbesar sesuai kebutuhan (scalability), namun di beberapa hal memiliki kelemahan soal biayanya.

BRI vs. PRI

Layanan ISDN terbentuk dari beberapa buah kanal digital, sementara kanal-kanal ISDN sendiri terdiri dari dua jenis , yaitu kanal B, yang mampu membawa dan menyalurkan data (suara, data, faksimili, dan lain sebagainya) serta kanal D, yang fungsinya adalah sebagai pengendali atas kanal-kanal tersebut.

BRI (basic rate interface) adalah salah satu layanan yang ditujukan pada kalangan pengguna lapis menengah bawah, dan hanya menawarkan kecepatan sebesar 64 kbps (kilobit per detik) untuk kanal B, serta 16 kbps untuk kanal D-nya (2B+D). Layanan dasar ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kalangan perorangan atau perusahaan-perusahaan kecil dan sederhana.

PRI (primary rate interface) adalah sebuah layanan yang memiliki dimensi yang sekian kali lebih besar dibanding yang BRI. Layanan PRI menyediakan sebanyak 33 (tiga puluh tiga) buah kanal B berukuran 64 kbps, serta sebuah kanal D berkapasitas 64 kbps. layanan PRI dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan transfer data perusahaan-perusahaan besar, dengan jumlah kiriman data yang berukuran besar dan dengan kesibukan lalulintas yang sangat tinggi. Yang antara lain juga digunakan untuk keperluan pemanggilan serta faksimili. Sebagai tambahan, penggunaan ISDN sangat menunjang untuk keperluan telekonferensi (konferensi tatap muka melalui monitor dalam jarak jauh).

56K Leased Line WAN Connections

Banyak yang menyebutnya dengan sebutan layanan DS0, yang dalam hal ini adalah sebuah model layanan yang berupa sambungan yang disewa secara khusus tanpa memperhitungkan berapa banyak pemakaiannya (biaya sewa sambungan tersebut berlaku, tanpa menggunakan dasar hitungan, apakah saluran tersebut dipakai atau tidak. Bedakan dengan cara pembayaran saluran telepon biasa itu.), atau 'leased line'. Bandwidth (besaran transfer data) layanan ini adalah sebesar 56 kbps.
Untuk sebuah hubungan DS0 ini membutuhkan adanya CSU/DSU (modem digital) serta pengatur lalulintas (router) di setiap ujung sambungannya. Sebuah hubungan sebesar 56k ini merupakan kemampuan yang dua kali lebih besar dibanding dengan koneksi secara memutar nomor (dial-up connection), serta lebih memuaskan dibanding dengan layanan T-1. Banyak organisasi yang menggunakan layanan 56k ini sebagai batu pijakan untuk menuju ke layanan yang memiliki bandwidth yang lebih besar.

T-1 Leased Line WAN Connections

Juga disebut dengan ustilah layanan DS1, yang merupakan model leased line pula namun dengan bandwidth sebesar 1.544 Megabits per detik. Hubungan DS1 memerlukan CSU/DSU atau modem digital, serta router di kedua ujung hubungannya.
Hubungan DS1 menawarkan kemampuan bandwidth sebesar 30 (tigapuluh) kali dibanding hubungan yang 56k, dan boleh jadi DS1-lah yang merupakan standar bagi jaringan dalam skala luas, WAN (wide-area network) dan dalam hal tersebut merupakan yang paling banyak diterapkan dalam jaringan WAN.

T-3 Leased Line WAN Connections

Juga disebut layanan DS3, sebuah leased-line dengan kapasitas bandwidth sebesar 45 Megabit per detik. Hubungan DS3 tentu saja memerlukan kelengkapan-kelengkapan peralatan khusus di masing-masing ujung koneksinya, serta router kelas berat.
Hubungan DS3 memang memerlukan biaya operasi yang sangat mahal, dan biasanya hanya diterapkan pada aplikasi yang memiliki frekuensi akses yang sangat tinggi, dan menulangpunggungi aplikasi-aplikasi kritis, yang soal kecepatan menjadi pertaruhannya, seberapa besar data yang dikirimkan, maupun keseringan aksesnya.

Frame Relay WAN connections

Frame relay ini digunakan berbarengan dengan layanan leased-line lainnya, misalnya sering kita jumpai istilah-istilah DS0FR dan atau DS1FR.
Secara gampang disebutkan, bahwa sebuah 'frame relay' adalah sebuah metoda untuk penerapan hubingan yang terjadi dalam suatu jarak yang sangat jauh dengan biaya yang bersaing. Di antara titik yang melakukan hubungan tersebut akan digubungkan dengan gugus Telco Frame di mana paket (data yang dikirimkan) tersebut akan dikirimkan pada tujuannya melalui sebuah fasilitas pertukaran jaringan (switched network).



but3.gif (165 bytes) Uji Kelayakan, Perancangan, Instalasi dan Persiapan-persiapan
Komunikasi Nirkabel .

Saat ini produk-produk nirkabel (wireless, tanpa kabel) banyak digunakan di dunia manufaktur, pergudangan, ritel, dan berbagai peralatan kesehatan, dan lain sebagainya.
dalam lingkungan-lingkungan seperti itu, di mana para petugasnya lebih cenderung senantiasa bergerak, namun harus tetap bisa melakukan akses (atau diakses) dan selalu dalam keadaan paling mutakhir dengan informasi-informasi yang berubah dengan cepat dan merupakan kebutuhan yang amat vital. dalam situasi yang seperti itu, maka keberadaan peralatan LAN yang nirkabel dapat menghemat biaya dalam jumlah yang sangat besar disamping mampu meningkatkan produktivitas.
LAN dengan cara nirkabel dapat digabung dan melengkapi sistem LAN yang menggunakan sambungan kabel biasa di lingkungan perkantoran, di mana hal ini dimaksudkan sebagai unit pendukung sementara, yang tak harus melakukan penambahan sambungan kabel lagi, serta membuat usernya mampu bergerak bebas ke segenap bagian dari kantornya tatkala harus bekerja dalam jaringan tersebut. LAN yang wireless ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan diri dengan kawasan yang berkauhan (remote area), hingga sejauh 30 kilometer.

intnban.gif (3644 bytes)

  --Layanan Akses Internet
  termasuk dalam hal ini meliputi
  layanan-layanan e-mail-ke-faks, pager-ke-faks
  e-mail ke telepon selular, faks-ke-faks, dan lain sebagainya.
--Server ( Web, Email, FTP, dsb ).
--Recommendations for an appropriate server s
  Perangkat keras dan lunak
--Server Configuration
--Alamat IP dan Nama Domain
--Security - Firewall
--Router, Modem, Terminal server, dsb.
--Operating Environment ( Unix, Windows NT, dsb )
--Workstation software
--Pembuatan Web.
--Homepage untuk perusahaan.
--Konektivitas Web dengan database.
--Pengintegrasian pada jaringan.


 

 
Internet
Serangkaian jaringan yang terkoneksi satu dengan lainnya yang meliputi area dengan cakupan lokal, regional dan global sebagai sebuah jaringan utama. Jaringan-jaringan dalam Internet tersebut menggunakan protokol komunikasi yang sama (TCP/IP) dan menyediakan fasilitas mail, login secara remote, layanan pengiriman file. Secara gampang, Internet adalah jaringan-jaringan yang saling terhubungkan satu sama lainnya.
boxgrey.gif (824 bytes)
World Wide Web (WWW).
Sebuah jaringan pusat-pusat informasi di Internet yang dimaksudkan untuk saling memanfaatkan data dan informasi yang tersedia bagi kalangan umum, atau bisa juga bagi kalangan terbatas, melalui pengiriman dokumen data melalui protokol HTTP.

Organisasi | Pelanggan dan Pengguna Jasa | Aneka Produk | Divisi Pendukung Teknis & Rekayasa
Penataan Sistem Kabel & Kelistrikan | Perangkat Lunak & dan Pengembangan Aplikasi
Pendidikan & Pelatihan | Jasa-jasa Lainnya | Komunikasi & Internet
Solusi Jaringan Komputer | Sistem Informasi Geografi | Quorion | Alcatel
Halaman Berbahasa Inggris
Hubungi Scomptec Komunikasi & Internet

2005 Scomptec, Inc.